BAHASA MELAYU


     I.        Asal-usul Bahasa Melayu
            Bahasa melayu tergolong dalam keluarga Nusantara di bawah rumpun Bahasa Austronesia.  Asal-usul Bahasa Melayu adalah dari filum Austris.  Filum Austris terpecah kepada tiga rumpun bahasa yang besar yaitu  rumpun Austroasia dan Austronesia (dulu dikenali sebagai Malayo-Polinesia), dan rumpun Tibet-China. Rumpun Austronesia pula dipecahkan kepada empat keluarga, yaitu Indonesia (Nusantara), Melanesia, Mikronesia dan Polinesia. Dalam keluarga bahasa Nusantara terdapat kira-kira 200 hingga 300 bahasa. Namun begitu, bahasa-bahasa tersebut di kelaskan kepada golongan tertentu seperti golongan Filipina, Sumatera, Jawa, Kalimantan, Bali-Sasak, Muna-Butung, Gorontalo, Tomini, Loinang, Bunku-Laki, Sulawesi Selatan, Bima-Sumba, Ambon-Timul, Sula Bacon, dan Halmahera Selatan-Irian Jaya. Bahasa Melayu tergolong ke dalam rumpun bahasa Sumatera.
          Beberapa teori telah mengatakan bahwa penutur-penutur Bahasa Melayu berasal daripada golongan manusia yang diberi nama Austronesia. Mereka datang dari daerah Yunani yang telah turun dalam dua gelombang pergerakan ke wilayah Asia Tenggara Golongan pertama yang disebut Melayu Proto yang datang sejak tahun 2.500 SM. Tidak dijelaskan mengapa mereka berpindah. mereka tinggal di kuala-kuala sungai dan pantai untuk memudahkan kerja-kerja mencari makan. Golongan kedua disebut dengan melayu Deutro yang datang kira-kira dalam tahun 1.500 SM. Perpindahan mereka juga tidak dapat dipastikan sebab-sebabnya. Melayu Deutro ini telah berpindah mengikuti jalan dan laluan yang dilalui Melayu Proto. Apabila telah sampai di selatan mereka mendesak golongan pertama ke daerah pinggiran, ke hulu sungai, ke kawasan gunung atau ke tempat-tempat terpencil , manakala Melayu Deutro tinggal di kawasan tanah pamah, tanah rendah, lembah sungai, dan di tepi laut.
          Selain dari pada itu, terdapat teori yang menyatakan bahwa bangsa Melayu berasal dari Tanah Besar Asia Tenggara. Pendapat ini didukung oleh pengkaji-pengkaji Barat. H.Kern menyatakan bahwa penduduk dikepulauan Asia Tenggara berasal dari Assam, dibagian timur negara India. Beliau membuat kesimpulan demikian lantaran terdapat persamaan-persamaan adat resam beberapa suku di Sumatera dan Borneo dengan suku-suku di Assam seperti suku Naga di In resam beberapa suku di Sumatera dan Borneo dengan suku-suku di Assam seperti suku Naga di India. Henry Yule pula berpendapat seperti J.R. Loga Henry Yule pula berpendapat seperti J.R. Logan yaitu tentang wujudnya

3
 persamaan resam antara penduduk-penduduk didaratan Asia Tenggara dengan yang terdapat di kepulauan Melayu. Persamaan-persamaan ini  menunjukkan bahwa mereka adalah dari pada keturunan yang sama.
          Berdasarkan kajian-kajian ini boleh dikatakan bahwa penduduk-penduduk kepulaan Asia Tenggara hingga ke Lautan Teduh berasal dari tanah besar Asia Tenggara. Tetapi tidak dapat dipastikan dari mana. Ada yang mengatakan dari Yunan, dari barat daya Negeri China; dari Assam, India; dari Asia Tengah; dan ada juga yang mengatakan dari bagian Selatan Tanah Besar Asia Tenggara. Seorang lagi sarjana yang membuat kajian perbandingan bahasa ialah Mees. beliau membuat kajian bertitik tolak daripada pembagian oleh Schmidt dengan sedikit perubahan dan data yang lebih perinci. Menurut Mees lagi, bahasa dan dialek di Tanah Melayu tidak dapat tidak mempunyai hubungan dengan bahasa yang digunakan di Pantai Timur Sumatera, yaitu bahasa Melayu. Malah, daerah Bahasa Melayu du luar Tanah Melayu merangkum kepulauan Riau, Palembang, Kampar, Jambi, dan Medan. Bahasa Melayu-Sriwijaya memperlihatkan sisa-sisa tua daripada salah satu bahasa Austronesia berdasarkan prasasti yang terdapat pada batu bersurat Talang Tuwo bertarikh 680 M. Di bagian Utara pula, terdapat kelompok bahasa Aceh, bahasa Batak seperti Karo, Toba, Simalungan, dan Angkola-Mandiling, Minangkabau, dan Lampung.
Istilah keluarga digunakan bagi menggambarkan sekelompok bahasa yang kurang daripada 2.500 tahun. Kita dapati bahawa keluarga Bahasa Melayu juga mempunyai pecahannya tersendiri. Kumpulan Bahasa Melayu Johor mempunyai induknya yang bermula dari pada Bahasa Melayu Johor kemudian Bahasa Melayu Tengah sebelum ke Bahasa Melayu induk yang dikatakan berasal daripada Bahasa Melayu Proto yang juga merupakan kumpulan Bahasa Austronesia.
          Daripada keluarga Indonesia (Nusantara), Bahasa Melayu terpecah kepada 16 subkeluarga atau bahasa, yaitu bahasa Filipina, Sumatera, Jawa, Kalimantan, Bali-sasak, Gorontalo, Tomini, Toraja, Loinang, Bunku-Laki, Sulawesi Selatan, Muna-Butung, Bima-Sumba, Ambon-Timur, Sula-Bacon, Halmahera Selatan-Irian Jaya. Dalam subkeluarga Sumatera termasuk Banda Aceh, Batak, Minangkabau, Melayu, Nias, Lampuna, dan orang laut.
          Osman Omar (1961) mengatakan bahwa percabangan Bahasa Indonesia begitu tersebar luas karena dikembangkan oleh suku bangsa yang seketurunan dengan bangsa Melayu dan penyebaran ini terjadi disebabkan sifat semula jadi bangsa Melayu sendiri sebagai ahli pelayaran dan perantau yang masyhur. Ciri-ciri pelaut dan perantau bangsa Melayu ini mengakibatkan berlakunya dua pertemuan penting pada induk Bahasa Indonesia menjadi berbagai-bagai bahasa lain. Menurut Asmah (1985) kawasan penyebaran bahasa-bahasa Indonesia dianggap sebagai pusat keseluruhan kawasan
4
 Austronesia atas beberapa sebab. Antara lain, keluarga bahasa ini melebihi mana-mana keluarga bahasa dari segi bentuk bahasanya. Malah daripada keluarga bahasa inilah terdapatnya Bahasa Melayu yaitu bahasa yang pesat perkembangannya sehingga dijadikan bahasa kebangsaan bagi negara Indonesia, Malaysia, dan Brunei Darussalam. Malah kerajaan yang memerintah alam nusantara semuanya terdapat di kawasan Indonesia misalnya, Kerajaan Sriwijaya-Melaka dan Kerajaan Melayu-Johor.
          Hal ini diperjelas oleh Ismail Hussien (1948) yang mengatakan bahwa bahasa melayu hanyalah merupakan satu daripada lebih kurang 200 bahasa dalam kepulauan melayu. Oleh sebab bentuknya yang sangat sederhana dan kemungkinan menerima unsur asing dan sifatnya yang dapat dilentur buat memenuhi keperluan semasa, maka jadilah Bahasa Melayu sebagai satu bahasa yang terpenting dalam sejarah bahasa-bahasa di kepulauan Melayu. Ahli bahasa membagikan perkembangan Bahasa Melayu kepada beberapa tahap, yaitu:
1.     Bahasa Melayu Kuno
2.    Bahasa Melayu Klasik
3.    Bahasa Melayu Modern
          Berikut adalah penjelasan dari perkembangan Bahasa Melayu kepada beberapa tahap antara lain.
1.     Bahasa melayu Kuno
          Bahasa Melayu tergolong dalam keluarga bahasa Nusantara di bawah golongan bahasa Sumatera. Bahasa Melayu kuno digunakan pada abad ke-7 hingga abad ke-13 pada zaman kerajaan Sriwijaya. Pada waktu itu, BM kuno telah menjadi lingua franca dan bahasa pentadbiran karena sifat bahasa Melayu yang bersifat sederhana dan mudah menerima pengaruh luar. Bahasa Melayu juga tidak terikat kepada perbedaan susun lapis masyarakat dan mempunyai sistem yang lebih mudah berbanding dengan bahasa Jawa.
          Berpandukan isinya, penulisan di batu bersurat tersebut dibuat atas arahan raja Sriwijaya, sebuah kerajaan yang mempunyai empayar meliputi Sumatera, Jawa, Semenanjung Tanah Melayu, Segenting Kra dan Sri Lanka. Oleh itu, ini menunjukkan bahwa Bahasa Melayu telah digunakan sebagai bahasa resmi dan sebagai bahasa pentadbiran kerajaan Sriwijaya, sekaligus meluaskan penyebaran Bahasa Melayu ke tanah jajahan takluknya. Walaupun bahasa pada batu bersurat itu masih berbahasa Sanskrit, akan tetapi masih terdapat pengaruh Bahasa Melayu Kuno didalamnya.
          Istilah ‘Melayu’ timbul buat pertama kali dalam tulisan Cina pada tahun 644 dan 645 M. Tulisan ini menyebut mengenai orang ‘Mo-Lo-Yue’ yang mengirimkan utusan ke negeri Cina untuk mempersembahkan hasil-hasil  bumi

5
 kepada raja Cina. Letaknya kerajaan ‘Mo-Lo-Yue’ ini tidak dapat dipastikan tetapiada yang mencatatkan di Semenanjung Tanah melayu dan di Jambi, Sumatera.
          Selain bukti penggunaan Bahasa Melayu Kuno di atas, batu bersurat di Gandasuli, Jawa Tengah (832 M) ditulis dalam huruf Nagiri.


PERALIHAN BAHASA KUNO KE BAHASA MELAYU KLASIK
          Pengaruh Agama Islam yang semakin mantap di Asia Tenggara pada abad ke-13 turut memberi kesan kepada perkembangan bahasa Melayu. Kedatangan Islam ke tanah Melayu telah banyak mengubah sistem bahasa Melayu terutama dari aspek kosa kata, struktur ayat dan sistem tulisan.
          Terdapat tiga batu bersurat yang penting:
a.    Batu bersurat di Pagar Ruyung, Minangkabau (1356)- ditulis dalam huruf India dan mengandung prosa Melayu kuno dan beberapa baris sajak Sanskrit. Bahasanya berbeda sedikit daripada bahasa batu bersurat abad ke-7.
b.    Batu bersurat di Minye Tujuh, Aceh (1380)- masih memakai abjad India dan buat pertama kalinya terdapat penggunaan kata-kata Arab seperti kalimat nabi, Allah dan rahmat
c.    Batu bersurat di Kuala Berang, Terengganu (1303-1387)- ditulis dalam tulisan Jawi dan membuktikan tulisan Arab telah digunakan dalam bahasa melayu pada abad itu.
          Ketiga-tiga batu bersurat ini merupakan bukti catatan terakhir perkembangan bahasa Melayu Kuno karena selepas abad ke-14, muncul kesasteraan Melayu dalam bentuk tulisan.

2.    Bahasa Melayu Klasik
Abad ke-13 merupakan waktu bermulanya zaman peralihan di Kepulauan Melayu dengan berkembanganya Agama Islam ke rantau ini. Ini telah mempengaruhi bangsa dan bahasa di sini, terutamanya bangsa dan bahasa Melayu. Pengaruh India sedikit demi sedikit mula digantikan dengan pengaruh Islam dan Arab. Kegemilangannya bahasa Melayu klasik boleh dibagikan kepada tiga zaman penting yaitu zaman Kerajaan Melaka, zaman Kerajaan Aceh dan zaman Kerajaan Johor-Riau.
Zaman penting bagi Bahasa Melayu ialah pada zaman kerajaan Melayu Melaka. Kerajaan Melayu Melaka yang telah menerima Islam dan berjaya membina empayar yang luas telah dapat meningkatkan kemajuan dan perkembangan Bahasa Melayu di rantau ini. Bahasa Melayu telah digunakan dalam pentadbiran dan aktivitas perdagangan serta menjadi ‘lingua franca’ para pedagang. Bahasa Melayu juga telah menjadi alat

6
penyebaran agama Islam ke seluruh Kepulauan Melayu. Bahasa melayu telah mendapat tulisan baru yaitu tulisan Jawi. Perbendaharaan kata juga telah bertambah dengan wujudnya keperluan untuk mengungkapkan ide-ide yang telah di bawa oleh peradaban Islam. Keagungan Kesultanan Melaka jelas tergambar di dalam ‘Sejarah Melayu’ oleh Tun Seri Lanang, sebuah karya dalam Bahasa Melayu yang sangat tinggi nilainya.
Satu bukti tentang tingginya martabat Bahasa Melayu dan luas penggunaanya di wilayahini adalah pada surat-menyurat antara pentadbir dan raja-raja di kepulauan Melayu, antaranya:
a.    Surat Sultan Aceh kepada Kapitan Inggris, James Lancester (1601)
b.    Surat Sultan Alauddin Shah dari Aceh kepada Harry Middleton (1602)
c.    Surat Sultan Aceh kepada raja Inggris, King James (1612)
Dalam abad ke-17, terdapat banyak usaha oleh sarjana-sarjana Eropa untuk menyususn kamus dan daftar kata, yang kemudiannya diteruskan pada bidang morfologi, sintaksi, dan fonologi.
          Tokoh-tokoh tempatan juga tidak ketinggalan memberikan sumbangan. Kebanyakan usah mereka berkisar tentang agama dan sastra. Palembang dan Aceh telah menggantikan Melaka sebagai pusat keintelektualan Melayu. Tokoh-tokoh Aceh antara lain:
a.    Sheikh Nuruddin Al-Raniri (Bustanul Salatin)
b.    Shamsuddin Al-Sumaterani (Mirat Al-Mukmin)
c.    Abdul Rauf Singkel (Mirat Al-Tullab)
d.    Hamzah Fansuri (Syair Perahu)
          Selain daripada Aceh dan Palembang, beberapa tokoh juga timbul di tempat-tempat lain. Di Brunei, pengiran Syahbandar Muhammad Salleh (Pangeran Indera Muda) telah menghasilkan ‘Syair Rakis’, manakala di Banjarmasin pula terkenal dengan Arshad Al-Banjari dengan kitab ‘Sabil Al-Muhtadin’. Sheikh Mohd Ismail Daud Al-Fatani di Pattani pula menghasilkan ‘Matla’al Badrain’ dan ‘Furu’ Al-Masail’.

3.    Bahasa Melayu Modern
         Bahasa Melayu modern dikatakan bermula pada abad ke-19. Hasil karangan Munsyi Abdullah dianggap sebagai permulaan zaman bahasa Melayu modern karena sifatnya yang dikatakan agak menyimpang dengan bentuk bahasa Melayu klasik. Sebelum penjajahan British, bahasa Melayu mencapai kedudukan yang tinggi, berfungsi sebagai bahasa perantaraan, pentadbiran, kesasteraan, dan bahasa pengantar di pusat pendidikan Islam.
         Selepas Perang Dunia II, Brithis merubah dasar menjadikan bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar dalam sistem pendidikan.
         Semasa Malaysia mencapai kemerdekaan, Perkara 152 Perlembagaan Persekutuan menetapkan bahasa Melayu sebagai bahasa kebangsaan yang menyebut bahwa “Bahasa Kebangsaan negara ini adalah Bahasa Melayu dan hendaklah ditulis dalam

7
apa-apa tulisan sebagaimana yang diperuntukan dengan undang-undang Parlimen”.
         Akta Bahasa Kebangsaan 1963-1967 menetapkan bahwa bahasa Melayu ialah bahasa resmi negara (bahasa yang digunakan dalam semua urusan resmi kerajaan persekutuan , negeri, tempatan dan badan berkanun).


   II.        Perkembangan Bahasa Melayu
        Asal usul bangsa Melayu sehingga kini masih kabur tetapi beberapa sarjana Eropa seperti Hendrik Kern (Belanda) dan Robert von Heine Geldern (Austria) telah melakukan penyelidikan secara kasar tentang latar belakang dan pergerakan masyarakat Melayu kuno.
          Teori mereka menyatakan bahwa bangsa Melayu berasal dari kelompok Austronesia, yaitu kelompok manusia yang berasal dari daerah Yunani di China yang kemudiannya berhijrah dalam bentuk beberapa gelombang pergerakan manusia dan akhirnya menduduki wilayah Asia Tenggara.
          Walaupun sudah ada beberapa kajian dilakukan terhadap asal usul bangsa Melayu, tetapi kata sepakat para ahli belum dicapai. Sepakat ini ada dua pandangan yang dikemukakan. Pandangan pertama menyatakan bahwa bangsa Melayu berasal dari Utara (Asia Tengah) dan pandangan yang kedua menyatakan bahwa bangsa Melayu memang sudah sedia ada di Kepulauan Melayu atau Nusantara ini.
          Sebagai perbandingan, kedua pandangan tersebut diperlihatkan seperti yang berikut ini.
1.  Berasal dari Asia Tengah
          R.H. Geldern ialah seorang ahli prasejarah yang menjadi guru besar di Iranian Institute and School for Asiatic Studies telah membuat kajian tentang asal usul bangsa Melayu. Sarjana yang berasal dari Wien, Austria ini telah membuat kajian terhadap kapak tua (Beliung Batu). Beliau menemui kapak yang diperbuat dari batu itu di sekitar hulu Sungai Brahmaputra, Irrawaddy, Salween, Yangtze, dan Hwang. Bentuk dan jenis kapak yang sama, beliau temui juga di beberapa tempat di kawasan Nusantara. Goldern berkesimpulan, tentulah kapak tersebut dibawa oleh oraang Asing Tengah ke Kepulauan Melayu ini.
          J.H.C. Kern ialah seorang ahli filologi Belanda yang pakar dalam bahasa Sanskrit dan berbagai bahasa Austronesia yang lain telah membuat kajian berdasarkan beberapa perkataan yang digunakan sehari-hari terutama tumbuh-tumbuhan, hewan, dan nama


8
 perahu. Beliau mendapati bahwa perkataan yang terdapat di Kepulauan Nusantara ini terdapat juga di Madagaskar, Filipina, Taiwan, dan beberapa buah pulau  di lautan Pasifik. Perkataan tersebut antara lain adalah: padi, bulu, rotan, nyiur, pisang, pandan, ubi. Berdasarkan senarai perkataan yang dikajinya itu Kern berkesimpulan bahwa bahasa Melayu ini berasal dari satu induk yang ada di Asia.
          W. Marsden pula dalam kajiannya mendapati bahwa bahasa Melayu dan bahasa Polinesia (bahasa yang digunakan di beberapa buah pulau yang terdapat di Lautan Pasifik) merupakan bahasa yang serumpun. E. Aymonier dan A. Cabaton pulah mendapati bahwa bahasa Campa serumpun dengan bahasa Polinesia, manakala Hamy berpendapat bahwa bahasa Melayu dan bangsa Campa merupakan warisan dari bahasa Melayu Kontinental. Di samping keserumpunan bahasa, W. Humboldt dalam kajiannya mendapati bahwa bahasa Melayu (terutama bahasa Jawa) telah banyak menyerap bahasa Sanskrit yang berasal dari India.
          J.R. Foster yang membuat kajiannya berdasarkan pembentukan kata berpendapat bahwa terdapat kesamaan pembentukan kata dalam bahasa Melayu dan bahasa Polinesia. Beliau berpendapat bahwa kedua-dua bahasa ini berasal dari bahasa yang lebih tua yang dinamainya Melayu Polinesia Purba. Seorang ahli filologi yang bernama A.H. Keane pula berkesimpulan  bahwa struktur bahasa Melayu serupa dengan bahasa yang terdapat di Kampuchae.
          J.R. Logan yang membuat kajiannya berdasarkan adat resam suku bangsa mendapati bahwa ada persamaan adat resam kaum Melayu dengan adat resam suku Naga di Assam (di daerah Burma dan Tibet). Persamaan adat resam ini berkait rapat dengan bahasa yang mereka gunakan. Beliau mengambil kesimpulan bahwa bahasa Melayu tentulah berasal dari Asia. G.K. Nieman dan R.M. Clark yang juga membuat kajian mereka berdasarkan adat resam dan bahasa mendapati bahwa daratan Asia merupakan tanah asal nenek moyang bangsa Melayu.
          Dua orang sarjana Melayu, yaitu Slametmuljana dan Asmah Haaji Omar juga menyokong pendapat di atas. Slametmuljana yang membuat penyelidikannya berdasarkan perbandingan bahasa, sampai pada suatu kesimpulan bahwa bahasa Austronesia yang dalamnya termasuk bahasa Melayu, berasal dari Asia. Asmah Haji Omar membuat uraian yang lebih terperinci lagi. Beliau berpendapat bahwa perpindahan orang Melayu dari daratan Asia ke Nusantara ini tidaklah sekaligus dan juga tidak melalui satu laluan. Ada yang melalui daratan, yaitu tanah Semenanjung, melalui lautan Hindia dan ada pula yang melalui lautan China. Namun, beliau menolak pendapat yang mengatakan bahwa pada mulanya asal bahasa mereka satu dan perbedaan yang berlaku kemudian adalah karena faktor geografi dan komunikasi. Dengan demikian, anggapan bahwa bahasa Melayu Modern merupakan perkembangan dari bahasa Melayu Klasik, bahasa Melayu Klasik berasal dari Bahasa Melayu Kuno dan bahasa Melayu Kuno itu berasal dari Bahasa Melayu Purba merupakan anggapan yang keliru.

9
          Berikut ini akan dijelaskan cara berpindahan orang Melayu.
(a)       Orang Negrito
          Menurut pendapat Asmah Haji Omar sebelum berpindah penduduk dari Asia berlaku, Kepulauan Melayu (Nusantara) ini telah ada penghuninya yang kemudian dinamai sebagai penduduk asli. Ada ahli sejarah yang mengatakan bahwa mereka yang tinggal di Semenanjung Tanah Melayu ini dikenali sebagai orang Negrito. Orang Negrito ini diperkirakan telah ada sejak tahun 8000 SM. Mereka tinggal di dalam gua dan mata pencarian mereka memburu binatang. Alat pemburuan mereka dibuat dari batu dan zaman ini disebut Zaman Batu Pertengahan. Di Kedah sebagai contoh, pada tahun 5000 SM, yaitu pada zaman Paleolit dan Mesolit, telah didiami oleh orang Austronesiayang menurunkan orang Negrito, Sakai, Semai, dan sebagainya.

(b)       Melayu-Proto
          Berdasarkan pendapat yang mengatakan bahwa orang Melayu ini berasal dari Asia Tengah, perpindahan tersebut diperkirakan pada tahun 2500 SM. Mereka ini kemudian dinamai sebagai Melayu-Proto. Peradaban orang Melayu-Proto ini lebih maju sedikit daripada orang Negrito. Orang Melayu-Proto telah pandai membuat alat bercocok tanam, membuat barang pecah belah, dan alat perhiasan. Kehidupan mereka berpindah-pindah. Zaman mereka ini dinamai Zaman Neolitik atau zaman Batu Baru.
(c)       Melayu-Deutro
          Perpindahan penduduk yang kedua dari Asia yang dikatakan dari daerah Yunan diperkirakan berlaku pada tahun 1500 SM. Mereka dinamai Melayu-Deutro. Melayu-Deutro telah mengenal kebudayaan logam. Mereka telah menggunakan alat perburuan dan pertanian daripada besi. Zaman mereka ini dinamai Zaman Logam. Mereka hidup di tepi pantai dan hampir menyebar di seluruh Kepulauan Melayu ini.
          Kedatangan orang Melayu-Deutro ini dengan sendirinya mengakibatkan perpindahan orang Melayu-Proto ke pedalaman sesuai dengan cara hidup mereka yang berpindah-pindah.Berlainan dengan Melayu-Proto, Melayu-Deutro ini hidup secara berkelompokdan tinggal di suatu tempat. Mereka yang tinggal di tepi pantai hidup sebagai nelayan dan sebagian mendirikan kampung berhampiran sungai dan lembah yang subur. Hidup mereka sebagai petani dan berburu binatang. Orang melayu-Deutro ini telah pandai bermasyarakat. Mereka biasanya memilih seorang ketua yang tugasnya sebagai ketua pemerintahan dan sekaligus ketua agama. Agama yang mereka anut saat itu adalah agama animisme.
2.  Berasal Dari Nusantara
          Seorang sarjana Inggris benama J. Crawfurd telah membuat kajian perbandingan bahasa yang ada di Sumatera, Jawa, Kalimantan, dan kawasan Polinesia. Beliau berpendapat bahwa asal bahasa yang terbesar di Nusantara ini berasal dari bahasa di


10
pulau Jawa dan bahasa yang berasal dari pulau Sumatera. Bahasa Jawa dan Bahasa Melayulah yang merupakan induk bagi bahasa serumpun yang terdapat di Nusantara ini.
          J. Crawfurd menambah hujahnya dengan hukti bahwa bangsa Melayu dan bangsa Jawa telah memiliki taraf kebudayaan yang tinggi dalam abad ke-19. Taraf ini hanya dapat dicapai setelah mengalami perkembangan budaya beberapa abad lamanya. Beliau sampai pada satu kesimpulan bahwa:
a)    Orang Melayu itu tidak berasal dari mana-mana, tetapi malah merupakan induk yang menyebar ke tempat lain.
b)   Bahasa Jawa ialah bahasa tertua dan bahasa induk dari bahasa lain.
K. Himly, yang mendasarkan kajiannya terhadap perbandingan bunyi dan bentuk kata bahasa Campa dan perlrbagai di Asia Tenggara menyangkal pendapat yang menyatakan bahwa bahasa Melayu Polinesia serumpun dengan bahasa Campa. Pendapat ini disokong oleh P.W. Schmidt yang membuat kajiannya berdasarkan struktur ayat dan perbendaharaan kata bahasa Campa dab Mon-Khmer. Beliau mendapati bahwa bahasa melayu yang terdapat dalam kedua-dua bahasa di atas merupakan bahasa ambilan sahaja.
Sutan Takdir Alisjahbana, ketika menyampaikan Syarahan umum di Universiti Sains Malaysia (Julai 1987) menggelar bangsa yang berkulit coklat yang di Asia Tenggara, yaitu Thailand Selatan, Malaysia, Singapura, Indonesia, Brunai, dan Filipina selatan sebagai bangsa Melayu yang berasal darpi rumpun bangsa yang satu. Mereka bukan sahaja mempunyai persamaan kulit bahkan persamaan bentuk dan anggota badan yang berbeda dari pada Cina di sebelah timur dan bangsa India di sebelah barat.
Gorys Kerap di dalam bukunya Linguistik bandingan historis (1984) mengemukakan teori Leksikotatistik dan teori Migrasi bagi Reinhold Foster (1776), Wiliam Marsden (1843), John Crawfurd (1848), J.R Logan (1848), A.H Keane (1880), H.K Kern moyang bangsa Austronesia haruslah daerah Indonesia dan Filipina (termasuk daerah-daerah yang sekarang merupakan laut dan selat), yang dulunya merupakan kesatuan geografis.
Pendapat lain yang tidak mengakui bahwa orang Melayu ini berasal dari daratan Asia mengatakan bahwa pada Zaman Kuarter atau Kala Wurn bermula dengan Zaman Ais Besar sekitar dua juta sehingga lima ratus ribu tahun yang lalu. Zaman ini berakhir dengan mencairnya air secara perlahan-lahan dan air laut menggenangi daratan rendah. Daratan tinggi menjadi pulau. Ada pulau yang besar dan ada pulau yang kecil. Pemisahan diantara suatu daratan dengan daratan yang lain berlaku juga karena berlakunya letusan gunung berapi atau gempa bumi. Pada masa inilah Semenanjung Tanah Melayu berpisah dengan yang lain sehingga yang besar dan ada pulau yang kecil. Pemisahan di antara satu daratan dengan daratan yang lain berlaku juga karena berlakunya letusan gunung berapi dan gempa bumi. Pada masa inilah Semenanjung Tanah Melayu berpisah dengan yang lain sehingga kemudian dikenali sebagai Pulau Sumatera, Pulau Jawa, Pulau kalimantan dan pulau lain di Indonesia.

11
Proto homonoid yang dianggap sebagai pramanusia dianggarkan sudah sejak satu juta tahun yang lalu dan ia berkembang secara evolusi. Namun manusia yang sesungguhnya baru bermula sejak 44.000 tahun yang lalu dan manusia modren ( Homo sapies sapies) muncul 11.000 tahun yang lalu.
pada masa pramanusia dan manusia yang sesungguhnya di Asia Tenggara, Asia Timur, dan Australia telah ada manusia. Hal ini dibuktikan dengan ditemuinya Homo wajakensis ( manusia=”Java Man”) yang diperkirakan berusia satu juta tahun.
Pada masa ini wilayah tersebut didiami oleh tiga kelompok Homo sapies sapies, yaitu Negrito di sekitar Irian dan Melanesia, orang Kaukasus di Indonesia Timur, Sulawesi, dan Filipina, serta orang Mongoloid di sebelah utara dan barat laut Asia.
Masing-masing bangsa ini berpisah dengan berlakunya pemisahan daratan. Mereka berpendah dengan cara yang perlahan. Orang Kaukasus ada yang berpindah ke sebelah barat dan ada pula yang disebelah timur. Yang berpindah ke arah timur seperti ke Maluku, Flores, dan Sumba bercampur dengan orang Negrito. Yang berpindah ke arah barat mendiami Kalimantan, Aceh, Tapanuli, Nias, Riau, dan L:ampung. Yang berpindah ke arah utara menjadi bangsa Khmer, Campa, Jarai, Palauang, dan Wa.
Hukum Bunyi yang memperkenalkan oleh H.N. Van der tuuk dan diperluas oleh J.L.A. Brandes yang menghasilkan Hukum R-G-H dan hukum R-D-L dikatakan oleh C.A Mees bahwa “segala bahasa Austronesia itu, walaupun berbeda karena berbagi pengaruh dan sebab yang telah disebut, memperhatikan titik kesamaan yang banyak sekali, baik pada kata-kata yang sama, seperti mata, lima, taliga, dan sebagainya, maupun pada sistem imbuhan, dan susunan tata bahasanya. Perbedaan yang besar seperti dalam bahasa Indo-Eropa, misalnya : antara bahasa Perancis dan Jerman, antara Sanskrit dan Inggris, tidak ada pada bahasa-bahasa Austronesia. Apalagi Kada Dasar (terutama bahasa Melayu) tidak berubah dalam morfologi “juga menunjukkan bahwa bangsa yang terdapat di Asia Selatan dan Tenggara berbeda dengan bahassa yang terdapat di Asia Tengah.

  III.        Sastra Melayu Lama

1.  Bentuk Sastra Melayu Awal
        Sastra Melayu Lama merupakan sastra daerah yang merekam segala aspek kehidupan bangsa Melayu, baik jasmani maupun rohani dalam berbagai bentuk. Sastra tersebut berkembang sesuai dengan perkembangan pendukungnya dari taraf yang paling sederhana melalui bentuk lisan, terutama dikampung-kampung, sampai kepada tertuang

12
 dalam tulisan yang dimulai dari istana Sari pikiran dan perasaan orang Melayu mengenai segala peristiwa yang dialiri dan dihayati bersama disekelilingnya dinyatakan dalam bentuk yang singkat, dalam bahasa kiasan yang terdiri atas mantra-mantra, persamaan, perumpamaan, ibarat, bidal, tamsil, sindiran, dan lambang.
          Mantra-mantra diucapkan untuk mengusir roh atau hantu jahat dan mendatangkan pengaruh baik. Masyarakat waktu itu beranggapan bahwa hidupnya berhadapan dengan atau dikelilingi oleh makhluk jahat yang harus dijaga jangan sampai mengganggu, bahkan kalau bisa menjadi sahabatnya. Bahasa kiasan juga banyak dipakai sebagai alat pendidikan, karena masyarakat berpendapat bahwa memberi pengajaran kepada orang cukup dengan kiasan saja, tidak seperti mendidik binatang dengan di pukul. Pendirian seperti ini terpancar dari ungkapan “manusia tahan kias, binatang tahan palu”.
          Dalam setiap sektor kehidupan Melayu tersimpan berbagai jenis bahasa kias dengan berbagai tujuan. Misalnya, dikalangan rumah tangga ada “sambil berdiang nasi masak”, dikalangan orang muda ada “adat muda menanggung rindu”, di lingkungan peladang ada “pagar makan tanaman”, dilingkungan pendidikan ada “manis jangan lekas ditelan, pahit jangan lekas dimuntahkan”, untuk peristiwa sejarah ada “peluru habis, Palembang tak kalah”, dan sebagainya. Sampai sekarang tidak jarang orang meyakinkan suatu pandangan dengan suatu peribahasa yang sudah di kaji kebenarannya melalui pemikiran dan penghayatan berabad-abad oleh bangsa pemakai bahasa itu. Dunia luas peribahasa mengandung filsafah bangsa yang diwariskan sepanjang masa sebagai pustaka kebijakan dan kecerdikan (Sulastin 1975). Bentuk-bentuk ringkas bahasa kiasan itu mempunyai gerak lagu tertentu, meskipun kadang-kadang kurang jelas. Oleh karena adanya irama inilah maka bahasa kiasan merupakan bahasa ikatan yang tertua dalam permulaan tradisi sastra.
          Dari berbagai contoh di atas tampak bahwa bentuk sastra awal ini pertama-tama bukan untuk bersuka-sukaan, melainkan untuk memperoleh kesaktian, baru kemudian untuk tujuan-tujuan lain. Dalam bentuk terikat dan tetap itulah seakan-akan terpaut kekuatan sakti (Emeis, 1945: 5-16). Bentuk sastra awal kemudian berkembang menjadi cerita-cerita lisan dan tertulis sebagai pengungkapan aneka ragam pokok pikiran seperti yang akan dipaparkan dalam bagian-bagian berikut. Sastra Melayu lama yang patuh pada konvensi merupakan milik bersama yang dipelihara bersama-sama dalam suatu khazanah yang kaya, tempat menyimpan berbagai nilai budaya Melayu pada zaman silam.

2.  Tema Utama: Sebuah Pengertian
          Yang dimaksud dengan tema utama adalah tema pokok, yaitu tema yang lebih ditampilkan dalam suatu karya sastra. Dalam studi sastra ada beberapa istilah yang


13
 sama, tetapi pengertian atau pemakaiannya dalam sistem atau tradisi sastra di berbagai negeri tida sama, sehingga disini perlu dijelaskan pengertian yang dipakai agar tidak menimbulkan salah paham.
          Dalam istilah Anglo-Saxon, istilah “tema” mewakili pemikiran pusat dan pemikiran dasar atau tujuan penulisan suatu hasil sastra. Tema ini dalam peristilahan Jerman disebut motiv, sedangkan tema utama disebut leitmotiv (Sutrisno, 1983: 128). Tema utama didukung oleh tema-tema sampingan yang menonjolkan tujuan dasar penulisan yang terbayang dalam semua bagian cerita. Dalam bagian berikut akan dicoba untuk mengamati tema utama dalam berbagai karya sastra Melayu menurut bentuk dan jenisnya.
          Seperti halnya sastra lama Nusantara lainnya, sastra lama Melayu pun mengenal bentuk sastra lisan, yang dituturkan dari mulut ke mulut, dari orang tua ke anak, dari anak kepada cucu, dari cucu kepada cicit, dan seterusnya. Singkatnya, dari satu generasi ke generasi selanjutnya. Di antara sastra lisan ini ada yang di dengarkan dan dihayati bersama-sama pada peristiwa-peristiwa tertentu , dengan maksud untuk mencapai suatu tujuan tertentu.
          Bentuk sastra lisan juga dipakai sebagai penghibur hati yang gundah oleh seorang pelipur lara” atau tukang cerita profesional, yang pergi dari satu tempat ke tempat lain untuk membawakan cerita. Cerita bisa dibawakan pada waktu senja atau pada bulan purnama, sehabis mereka bekerja berat sehari penuh. Cerita tersebut membawa mereka ke dunia khayal yang penuh keindahan, ke negeri-negeri yang jauh dengan tokoh-tokoh putra-putra raja yang gagah berani dan putri-putri yang cantik, serta kemenangan peperangan yang gilang-gemilang melawan makhluk-makhluk yang jahat. cerita-cerita ini dalam sejarah perkembangannya diperluas oleh seorang pencerita dengan bahan-bahan yang didengarnya di pelabuhan dan di pasar-pasar (Hooykaas, 1951: 87) sehingga menjadi cerita-cerita yang lebih menarik dan memenuhi cakrawala harapan pendengarnya. Hal ini terbukti dari makin banyaknya pendengar dan makin asiknya mereka mendengarkan.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

MAKALAH KALIMAT DALAM BAHASA INDONESIA (BAHASA INDINESIA)

Makalah Microsoft Visual Basic