BAHASA MELAYU
I.
Asal-usul
Bahasa Melayu
Bahasa melayu tergolong dalam
keluarga Nusantara di bawah rumpun Bahasa Austronesia. Asal-usul Bahasa Melayu adalah dari filum Austris.
Filum Austris terpecah kepada tiga
rumpun bahasa yang besar yaitu rumpun
Austroasia dan Austronesia (dulu dikenali sebagai Malayo-Polinesia), dan rumpun
Tibet-China. Rumpun Austronesia pula dipecahkan kepada empat keluarga, yaitu
Indonesia (Nusantara), Melanesia, Mikronesia dan Polinesia. Dalam keluarga
bahasa Nusantara terdapat kira-kira 200 hingga 300 bahasa. Namun begitu, bahasa-bahasa
tersebut di kelaskan kepada golongan tertentu seperti golongan Filipina,
Sumatera, Jawa, Kalimantan, Bali-Sasak, Muna-Butung, Gorontalo, Tomini,
Loinang, Bunku-Laki, Sulawesi Selatan, Bima-Sumba, Ambon-Timul, Sula Bacon, dan
Halmahera Selatan-Irian Jaya. Bahasa Melayu tergolong ke dalam rumpun bahasa
Sumatera.
Beberapa
teori telah mengatakan bahwa penutur-penutur Bahasa Melayu berasal daripada
golongan manusia yang diberi nama Austronesia. Mereka datang dari daerah Yunani
yang telah turun dalam dua gelombang pergerakan ke wilayah Asia Tenggara
Golongan pertama yang disebut Melayu Proto yang datang sejak tahun 2.500 SM.
Tidak dijelaskan mengapa mereka berpindah. mereka tinggal di kuala-kuala sungai
dan pantai untuk memudahkan kerja-kerja mencari makan. Golongan kedua disebut
dengan melayu Deutro yang datang kira-kira dalam tahun 1.500 SM. Perpindahan
mereka juga tidak dapat dipastikan sebab-sebabnya. Melayu Deutro ini telah
berpindah mengikuti jalan dan laluan yang dilalui Melayu Proto. Apabila telah
sampai di selatan mereka mendesak golongan pertama ke daerah pinggiran, ke hulu
sungai, ke kawasan gunung atau ke tempat-tempat terpencil , manakala Melayu
Deutro tinggal di kawasan tanah pamah, tanah rendah, lembah sungai, dan di tepi
laut.
Selain
dari pada itu, terdapat teori yang menyatakan bahwa bangsa Melayu berasal dari
Tanah Besar Asia Tenggara. Pendapat ini didukung oleh pengkaji-pengkaji Barat.
H.Kern menyatakan bahwa penduduk dikepulauan Asia Tenggara berasal dari Assam,
dibagian timur negara India. Beliau membuat kesimpulan demikian lantaran
terdapat persamaan-persamaan adat resam beberapa suku di Sumatera dan Borneo
dengan suku-suku di Assam seperti suku Naga di In resam beberapa suku di
Sumatera dan Borneo dengan suku-suku di Assam seperti suku Naga di India. Henry
Yule pula berpendapat seperti J.R. Loga Henry Yule pula berpendapat seperti
J.R. Logan yaitu tentang wujudnya
3
persamaan resam antara penduduk-penduduk
didaratan Asia Tenggara dengan yang terdapat di kepulauan Melayu. Persamaan-persamaan
ini menunjukkan bahwa mereka adalah dari
pada keturunan yang sama.
Berdasarkan
kajian-kajian ini boleh dikatakan bahwa penduduk-penduduk kepulaan Asia
Tenggara hingga ke Lautan Teduh berasal dari tanah besar Asia Tenggara. Tetapi
tidak dapat dipastikan dari mana. Ada yang mengatakan dari Yunan, dari barat
daya Negeri China; dari Assam, India; dari Asia Tengah; dan ada juga yang
mengatakan dari bagian Selatan Tanah Besar Asia Tenggara. Seorang lagi sarjana
yang membuat kajian perbandingan bahasa ialah Mees. beliau membuat kajian
bertitik tolak daripada pembagian oleh Schmidt dengan sedikit perubahan dan
data yang lebih perinci. Menurut Mees lagi, bahasa dan dialek di Tanah Melayu
tidak dapat tidak mempunyai hubungan dengan bahasa yang digunakan di Pantai
Timur Sumatera, yaitu bahasa Melayu. Malah, daerah Bahasa Melayu du luar Tanah
Melayu merangkum kepulauan Riau, Palembang, Kampar, Jambi, dan Medan. Bahasa
Melayu-Sriwijaya memperlihatkan sisa-sisa tua daripada salah satu bahasa
Austronesia berdasarkan prasasti yang terdapat pada batu bersurat Talang Tuwo
bertarikh 680 M. Di bagian Utara pula, terdapat kelompok bahasa Aceh, bahasa
Batak seperti Karo, Toba, Simalungan, dan Angkola-Mandiling, Minangkabau, dan
Lampung.
Istilah
keluarga digunakan bagi menggambarkan sekelompok bahasa yang kurang daripada
2.500 tahun. Kita dapati bahawa keluarga Bahasa Melayu juga mempunyai
pecahannya tersendiri. Kumpulan Bahasa Melayu Johor mempunyai induknya yang
bermula dari pada Bahasa Melayu Johor kemudian Bahasa Melayu Tengah sebelum ke
Bahasa Melayu induk yang dikatakan berasal daripada Bahasa Melayu Proto yang
juga merupakan kumpulan Bahasa Austronesia.
Daripada
keluarga Indonesia (Nusantara), Bahasa Melayu terpecah kepada 16 subkeluarga
atau bahasa, yaitu bahasa Filipina, Sumatera, Jawa, Kalimantan, Bali-sasak,
Gorontalo, Tomini, Toraja, Loinang, Bunku-Laki, Sulawesi Selatan, Muna-Butung,
Bima-Sumba, Ambon-Timur, Sula-Bacon, Halmahera Selatan-Irian Jaya. Dalam
subkeluarga Sumatera termasuk Banda Aceh, Batak, Minangkabau, Melayu, Nias,
Lampuna, dan orang laut.
Osman
Omar (1961) mengatakan bahwa percabangan Bahasa Indonesia begitu tersebar luas
karena dikembangkan oleh suku bangsa yang seketurunan dengan bangsa Melayu dan
penyebaran ini terjadi disebabkan sifat semula jadi bangsa Melayu sendiri
sebagai ahli pelayaran dan perantau yang masyhur. Ciri-ciri pelaut dan perantau
bangsa Melayu ini mengakibatkan berlakunya dua pertemuan penting pada induk
Bahasa Indonesia menjadi berbagai-bagai bahasa lain. Menurut Asmah (1985)
kawasan penyebaran bahasa-bahasa Indonesia dianggap sebagai pusat keseluruhan
kawasan
4
Austronesia atas beberapa sebab. Antara lain,
keluarga bahasa ini melebihi mana-mana keluarga bahasa dari segi bentuk
bahasanya. Malah daripada keluarga bahasa inilah terdapatnya Bahasa Melayu
yaitu bahasa yang pesat perkembangannya sehingga dijadikan bahasa kebangsaan
bagi negara Indonesia, Malaysia, dan Brunei Darussalam. Malah kerajaan yang
memerintah alam nusantara semuanya terdapat di kawasan Indonesia misalnya,
Kerajaan Sriwijaya-Melaka dan Kerajaan Melayu-Johor.
Hal
ini diperjelas oleh Ismail Hussien (1948) yang mengatakan bahwa bahasa melayu
hanyalah merupakan satu daripada lebih kurang 200 bahasa dalam kepulauan
melayu. Oleh sebab bentuknya yang sangat sederhana dan kemungkinan menerima
unsur asing dan sifatnya yang dapat dilentur buat memenuhi keperluan semasa,
maka jadilah Bahasa Melayu sebagai satu bahasa yang terpenting dalam sejarah
bahasa-bahasa di kepulauan Melayu. Ahli bahasa membagikan perkembangan Bahasa
Melayu kepada beberapa tahap, yaitu:
1. Bahasa
Melayu Kuno
2. Bahasa
Melayu Klasik
3. Bahasa
Melayu Modern
Berikut
adalah penjelasan dari perkembangan Bahasa Melayu kepada beberapa tahap antara
lain.
1. Bahasa
melayu Kuno
Bahasa Melayu tergolong dalam keluarga
bahasa Nusantara di bawah golongan bahasa Sumatera. Bahasa Melayu kuno
digunakan pada abad ke-7 hingga abad ke-13 pada zaman kerajaan Sriwijaya. Pada
waktu itu, BM kuno telah menjadi lingua franca dan
bahasa pentadbiran karena sifat bahasa Melayu yang bersifat sederhana dan mudah
menerima pengaruh luar. Bahasa Melayu juga tidak terikat kepada perbedaan susun
lapis masyarakat dan mempunyai sistem yang lebih mudah berbanding dengan bahasa
Jawa.
Berpandukan isinya, penulisan di batu
bersurat tersebut dibuat atas arahan raja Sriwijaya, sebuah kerajaan yang
mempunyai empayar meliputi Sumatera, Jawa, Semenanjung Tanah Melayu, Segenting
Kra dan Sri Lanka. Oleh itu, ini menunjukkan bahwa Bahasa Melayu telah digunakan
sebagai bahasa resmi dan sebagai bahasa pentadbiran kerajaan Sriwijaya,
sekaligus meluaskan penyebaran Bahasa Melayu ke tanah jajahan takluknya.
Walaupun bahasa pada batu bersurat itu masih berbahasa Sanskrit, akan tetapi
masih terdapat pengaruh Bahasa Melayu Kuno didalamnya.
Istilah ‘Melayu’ timbul
buat pertama kali dalam tulisan Cina pada tahun 644 dan 645 M. Tulisan ini
menyebut mengenai orang ‘Mo-Lo-Yue’ yang mengirimkan utusan ke
negeri Cina untuk mempersembahkan hasil-hasil
bumi
5
kepada raja Cina. Letaknya kerajaan ‘Mo-Lo-Yue’ ini
tidak dapat dipastikan tetapiada yang mencatatkan di Semenanjung Tanah melayu
dan di Jambi, Sumatera.
Selain bukti penggunaan Bahasa Melayu
Kuno di atas, batu bersurat di Gandasuli, Jawa Tengah (832 M) ditulis dalam huruf
Nagiri.
PERALIHAN
BAHASA KUNO KE BAHASA MELAYU KLASIK
Pengaruh
Agama Islam yang semakin mantap di Asia Tenggara pada abad ke-13 turut memberi
kesan kepada perkembangan bahasa Melayu. Kedatangan Islam ke tanah Melayu telah
banyak mengubah sistem bahasa Melayu terutama dari aspek kosa kata, struktur
ayat dan sistem tulisan.
Terdapat
tiga batu bersurat yang penting:
a. Batu
bersurat di Pagar Ruyung, Minangkabau (1356)- ditulis dalam huruf India dan
mengandung prosa Melayu kuno dan beberapa baris sajak Sanskrit. Bahasanya
berbeda sedikit daripada bahasa batu bersurat abad ke-7.
b. Batu
bersurat di Minye Tujuh, Aceh (1380)- masih memakai abjad India dan buat
pertama kalinya terdapat penggunaan kata-kata Arab seperti kalimat nabi, Allah
dan rahmat
c. Batu
bersurat di Kuala Berang, Terengganu (1303-1387)- ditulis dalam tulisan Jawi
dan membuktikan tulisan Arab telah digunakan dalam bahasa melayu pada abad itu.
Ketiga-tiga
batu bersurat ini merupakan bukti catatan terakhir perkembangan bahasa Melayu
Kuno karena selepas abad ke-14, muncul kesasteraan Melayu dalam bentuk tulisan.
2. Bahasa
Melayu Klasik
Abad ke-13 merupakan waktu
bermulanya zaman peralihan di Kepulauan Melayu dengan berkembanganya Agama
Islam ke rantau ini. Ini telah mempengaruhi bangsa dan bahasa di sini,
terutamanya bangsa dan bahasa Melayu. Pengaruh India sedikit demi sedikit mula
digantikan dengan pengaruh Islam dan Arab. Kegemilangannya bahasa Melayu klasik
boleh dibagikan kepada tiga zaman penting yaitu zaman Kerajaan Melaka, zaman
Kerajaan Aceh dan zaman Kerajaan Johor-Riau.
Zaman penting bagi Bahasa Melayu
ialah pada zaman kerajaan Melayu Melaka. Kerajaan Melayu Melaka yang telah
menerima Islam dan berjaya membina empayar yang luas telah dapat meningkatkan
kemajuan dan perkembangan Bahasa Melayu di rantau ini. Bahasa Melayu telah
digunakan dalam pentadbiran dan aktivitas perdagangan serta menjadi ‘lingua
franca’
para pedagang. Bahasa Melayu juga telah menjadi alat
6
penyebaran agama Islam ke seluruh Kepulauan Melayu. Bahasa
melayu telah mendapat tulisan baru yaitu tulisan Jawi. Perbendaharaan kata juga
telah bertambah dengan wujudnya keperluan untuk mengungkapkan ide-ide yang
telah di bawa oleh peradaban Islam. Keagungan Kesultanan Melaka jelas tergambar
di dalam ‘Sejarah Melayu’ oleh Tun Seri Lanang, sebuah
karya dalam Bahasa Melayu yang sangat tinggi nilainya.
Satu bukti tentang tingginya
martabat Bahasa Melayu dan luas penggunaanya di wilayahini adalah pada
surat-menyurat antara pentadbir dan raja-raja di kepulauan Melayu, antaranya:
a.
Surat Sultan Aceh kepada Kapitan Inggris, James
Lancester (1601)
b.
Surat Sultan Alauddin Shah dari Aceh kepada Harry
Middleton (1602)
c.
Surat Sultan Aceh kepada raja Inggris, King James
(1612)
Dalam abad ke-17, terdapat banyak
usaha oleh sarjana-sarjana Eropa untuk menyususn kamus dan daftar kata, yang
kemudiannya diteruskan pada bidang morfologi, sintaksi, dan fonologi.
Tokoh-tokoh
tempatan juga tidak ketinggalan memberikan sumbangan. Kebanyakan usah mereka
berkisar tentang agama dan sastra. Palembang dan Aceh telah menggantikan Melaka
sebagai pusat keintelektualan Melayu. Tokoh-tokoh Aceh antara lain:
a. Sheikh
Nuruddin Al-Raniri (Bustanul Salatin)
b. Shamsuddin
Al-Sumaterani (Mirat Al-Mukmin)
c. Abdul
Rauf Singkel (Mirat Al-Tullab)
d. Hamzah
Fansuri (Syair Perahu)
Selain daripada
Aceh dan Palembang, beberapa tokoh juga timbul di tempat-tempat lain. Di
Brunei, pengiran Syahbandar Muhammad Salleh (Pangeran Indera Muda) telah
menghasilkan ‘Syair Rakis’, manakala di Banjarmasin pula
terkenal dengan Arshad Al-Banjari dengan kitab ‘Sabil Al-Muhtadin’. Sheikh Mohd
Ismail Daud Al-Fatani di Pattani pula menghasilkan ‘Matla’al Badrain’ dan
‘Furu’ Al-Masail’.
3. Bahasa
Melayu Modern
Bahasa
Melayu modern dikatakan bermula pada abad ke-19. Hasil karangan Munsyi Abdullah
dianggap sebagai permulaan zaman bahasa Melayu modern karena sifatnya yang
dikatakan agak menyimpang dengan bentuk bahasa Melayu klasik. Sebelum
penjajahan British, bahasa Melayu mencapai kedudukan yang tinggi, berfungsi
sebagai bahasa perantaraan, pentadbiran, kesasteraan, dan bahasa pengantar di
pusat pendidikan Islam.
Selepas
Perang Dunia II, Brithis merubah dasar menjadikan bahasa Inggris sebagai bahasa
pengantar dalam sistem pendidikan.
Semasa
Malaysia mencapai kemerdekaan, Perkara 152 Perlembagaan Persekutuan menetapkan
bahasa Melayu sebagai bahasa kebangsaan yang menyebut bahwa “Bahasa
Kebangsaan negara ini adalah Bahasa Melayu dan hendaklah ditulis dalam
7
apa-apa tulisan sebagaimana yang
diperuntukan dengan undang-undang Parlimen”.
Akta
Bahasa Kebangsaan 1963-1967 menetapkan bahwa bahasa Melayu ialah bahasa resmi
negara (bahasa yang digunakan dalam semua urusan resmi kerajaan persekutuan ,
negeri, tempatan dan badan berkanun).
II.
Perkembangan
Bahasa Melayu
Asal usul bangsa Melayu sehingga
kini masih kabur tetapi beberapa sarjana Eropa seperti Hendrik Kern (Belanda)
dan Robert von Heine Geldern (Austria) telah melakukan penyelidikan secara
kasar tentang latar belakang dan pergerakan masyarakat Melayu kuno.
Teori
mereka menyatakan bahwa bangsa Melayu berasal dari kelompok Austronesia, yaitu
kelompok manusia yang berasal dari daerah Yunani di China yang kemudiannya
berhijrah dalam bentuk beberapa gelombang pergerakan manusia dan akhirnya
menduduki wilayah Asia Tenggara.
Walaupun
sudah ada beberapa kajian dilakukan terhadap asal usul bangsa Melayu, tetapi
kata sepakat para ahli belum dicapai. Sepakat ini ada dua pandangan yang
dikemukakan. Pandangan pertama menyatakan bahwa bangsa Melayu berasal dari
Utara (Asia Tengah) dan pandangan yang kedua menyatakan bahwa bangsa Melayu
memang sudah sedia ada di Kepulauan Melayu atau Nusantara ini.
Sebagai
perbandingan, kedua pandangan tersebut diperlihatkan seperti yang berikut ini.
1. Berasal dari Asia Tengah
R.H. Geldern
ialah seorang ahli prasejarah yang menjadi guru besar di Iranian Institute and
School for Asiatic Studies telah membuat kajian tentang asal usul bangsa
Melayu. Sarjana yang berasal dari Wien, Austria ini telah membuat kajian
terhadap kapak tua (Beliung Batu). Beliau menemui kapak yang diperbuat dari
batu itu di sekitar hulu Sungai Brahmaputra, Irrawaddy, Salween, Yangtze, dan
Hwang. Bentuk dan jenis kapak yang sama, beliau temui juga di beberapa tempat
di kawasan Nusantara. Goldern berkesimpulan, tentulah kapak tersebut dibawa
oleh oraang Asing Tengah ke Kepulauan Melayu ini.
J.H.C. Kern
ialah seorang ahli filologi Belanda yang pakar dalam bahasa Sanskrit dan
berbagai bahasa Austronesia yang lain telah membuat kajian berdasarkan beberapa
perkataan yang digunakan sehari-hari terutama tumbuh-tumbuhan, hewan, dan nama
8
perahu. Beliau
mendapati bahwa perkataan yang terdapat di Kepulauan Nusantara ini terdapat
juga di Madagaskar, Filipina, Taiwan, dan beberapa buah pulau di lautan Pasifik. Perkataan tersebut antara
lain adalah: padi, bulu, rotan, nyiur, pisang, pandan, ubi. Berdasarkan senarai
perkataan yang dikajinya itu Kern berkesimpulan bahwa bahasa Melayu ini berasal
dari satu induk yang ada di Asia.
W. Marsden pula
dalam kajiannya mendapati bahwa bahasa Melayu dan bahasa Polinesia (bahasa yang
digunakan di beberapa buah pulau yang terdapat di Lautan Pasifik) merupakan
bahasa yang serumpun. E. Aymonier dan A. Cabaton pulah mendapati bahwa bahasa
Campa serumpun dengan bahasa Polinesia, manakala Hamy berpendapat bahwa bahasa
Melayu dan bangsa Campa merupakan warisan dari bahasa Melayu Kontinental. Di
samping keserumpunan bahasa, W. Humboldt dalam kajiannya mendapati bahwa bahasa
Melayu (terutama bahasa Jawa) telah banyak menyerap bahasa Sanskrit yang
berasal dari India.
J.R. Foster
yang membuat kajiannya berdasarkan pembentukan kata berpendapat bahwa terdapat
kesamaan pembentukan kata dalam bahasa Melayu dan bahasa Polinesia. Beliau
berpendapat bahwa kedua-dua bahasa ini berasal dari bahasa yang lebih tua yang
dinamainya Melayu Polinesia Purba. Seorang ahli filologi yang bernama A.H.
Keane pula berkesimpulan bahwa struktur
bahasa Melayu serupa dengan bahasa yang terdapat di Kampuchae.
J.R. Logan yang
membuat kajiannya berdasarkan adat resam suku bangsa mendapati bahwa ada
persamaan adat resam kaum Melayu dengan adat resam suku Naga di Assam (di
daerah Burma dan Tibet). Persamaan adat resam ini berkait rapat dengan bahasa
yang mereka gunakan. Beliau mengambil kesimpulan bahwa bahasa Melayu tentulah
berasal dari Asia. G.K. Nieman dan R.M. Clark yang juga membuat kajian mereka
berdasarkan adat resam dan bahasa mendapati bahwa daratan Asia merupakan tanah
asal nenek moyang bangsa Melayu.
Dua orang
sarjana Melayu, yaitu Slametmuljana dan Asmah Haaji Omar juga menyokong
pendapat di atas. Slametmuljana yang membuat penyelidikannya berdasarkan
perbandingan bahasa, sampai pada suatu kesimpulan bahwa bahasa Austronesia yang
dalamnya termasuk bahasa Melayu, berasal dari Asia. Asmah Haji Omar membuat
uraian yang lebih terperinci lagi. Beliau berpendapat bahwa perpindahan orang
Melayu dari daratan Asia ke Nusantara ini tidaklah sekaligus dan juga tidak
melalui satu laluan. Ada yang melalui daratan, yaitu tanah Semenanjung, melalui
lautan Hindia dan ada pula yang melalui lautan China. Namun, beliau menolak
pendapat yang mengatakan bahwa pada mulanya asal bahasa mereka satu dan
perbedaan yang berlaku kemudian adalah karena faktor geografi dan komunikasi.
Dengan demikian, anggapan bahwa bahasa Melayu Modern merupakan perkembangan
dari bahasa Melayu Klasik, bahasa Melayu Klasik berasal dari Bahasa Melayu Kuno
dan bahasa Melayu Kuno itu berasal dari Bahasa Melayu Purba merupakan anggapan
yang keliru.
9
Berikut ini
akan dijelaskan cara berpindahan orang Melayu.
(a) Orang Negrito
Menurut
pendapat Asmah Haji Omar sebelum berpindah penduduk dari Asia berlaku,
Kepulauan Melayu (Nusantara) ini telah ada penghuninya yang kemudian dinamai
sebagai penduduk asli. Ada ahli sejarah yang mengatakan bahwa mereka yang
tinggal di Semenanjung Tanah Melayu ini dikenali sebagai orang Negrito. Orang
Negrito ini diperkirakan telah ada sejak tahun 8000 SM. Mereka tinggal di dalam
gua dan mata pencarian mereka memburu binatang. Alat pemburuan mereka dibuat
dari batu dan zaman ini disebut Zaman Batu Pertengahan. Di Kedah sebagai
contoh, pada tahun 5000 SM, yaitu pada zaman Paleolit dan Mesolit, telah
didiami oleh orang Austronesiayang menurunkan orang Negrito, Sakai, Semai, dan
sebagainya.
(b) Melayu-Proto
Berdasarkan
pendapat yang mengatakan bahwa orang Melayu ini berasal dari Asia Tengah,
perpindahan tersebut diperkirakan pada tahun 2500 SM. Mereka ini kemudian
dinamai sebagai Melayu-Proto. Peradaban orang Melayu-Proto ini lebih maju
sedikit daripada orang Negrito. Orang Melayu-Proto telah pandai membuat alat
bercocok tanam, membuat barang pecah belah, dan alat perhiasan. Kehidupan
mereka berpindah-pindah. Zaman mereka ini dinamai Zaman Neolitik atau zaman
Batu Baru.
(c) Melayu-Deutro
Perpindahan
penduduk yang kedua dari Asia yang dikatakan dari daerah Yunan diperkirakan
berlaku pada tahun 1500 SM. Mereka dinamai Melayu-Deutro. Melayu-Deutro telah
mengenal kebudayaan logam. Mereka telah menggunakan alat perburuan dan
pertanian daripada besi. Zaman mereka ini dinamai Zaman Logam. Mereka hidup di
tepi pantai dan hampir menyebar di seluruh Kepulauan Melayu ini.
Kedatangan orang
Melayu-Deutro ini dengan sendirinya mengakibatkan perpindahan orang
Melayu-Proto ke pedalaman sesuai dengan cara hidup mereka yang
berpindah-pindah.Berlainan dengan Melayu-Proto, Melayu-Deutro ini hidup secara
berkelompokdan tinggal di suatu tempat. Mereka yang tinggal di tepi pantai
hidup sebagai nelayan dan sebagian mendirikan kampung berhampiran sungai dan
lembah yang subur. Hidup mereka sebagai petani dan berburu binatang. Orang
melayu-Deutro ini telah pandai bermasyarakat. Mereka biasanya memilih seorang
ketua yang tugasnya sebagai ketua pemerintahan dan sekaligus ketua agama. Agama
yang mereka anut saat itu adalah agama animisme.
2. Berasal Dari Nusantara
Seorang sarjana
Inggris benama J. Crawfurd telah membuat kajian perbandingan bahasa yang ada di
Sumatera, Jawa, Kalimantan, dan kawasan Polinesia. Beliau berpendapat bahwa
asal bahasa yang terbesar di Nusantara ini berasal dari bahasa di
10
pulau Jawa dan bahasa yang berasal dari pulau Sumatera. Bahasa
Jawa dan Bahasa Melayulah yang merupakan induk bagi bahasa serumpun yang
terdapat di Nusantara ini.
J. Crawfurd
menambah hujahnya dengan hukti bahwa bangsa Melayu dan bangsa Jawa telah
memiliki taraf kebudayaan yang tinggi dalam abad ke-19. Taraf ini hanya dapat
dicapai setelah mengalami perkembangan budaya beberapa abad lamanya. Beliau
sampai pada satu kesimpulan bahwa:
a) Orang
Melayu itu tidak berasal dari mana-mana, tetapi malah merupakan induk yang
menyebar ke tempat lain.
b) Bahasa
Jawa ialah bahasa tertua dan bahasa induk dari bahasa lain.
K.
Himly, yang mendasarkan kajiannya terhadap perbandingan bunyi dan bentuk kata
bahasa Campa dan perlrbagai di Asia Tenggara menyangkal pendapat yang
menyatakan bahwa bahasa Melayu Polinesia serumpun dengan bahasa Campa. Pendapat
ini disokong oleh P.W. Schmidt yang membuat kajiannya berdasarkan struktur ayat
dan perbendaharaan kata bahasa Campa dab Mon-Khmer. Beliau mendapati bahwa
bahasa melayu yang terdapat dalam kedua-dua bahasa di atas merupakan bahasa
ambilan sahaja.
Sutan
Takdir Alisjahbana, ketika menyampaikan Syarahan umum di Universiti Sains
Malaysia (Julai 1987) menggelar bangsa yang berkulit coklat yang di Asia
Tenggara, yaitu Thailand Selatan, Malaysia, Singapura, Indonesia, Brunai, dan
Filipina selatan sebagai bangsa Melayu yang berasal darpi rumpun bangsa yang
satu. Mereka bukan sahaja mempunyai persamaan kulit bahkan persamaan bentuk dan
anggota badan yang berbeda dari pada Cina di sebelah timur dan bangsa India di
sebelah barat.
Gorys
Kerap di dalam bukunya Linguistik bandingan historis (1984) mengemukakan teori
Leksikotatistik dan teori Migrasi bagi Reinhold Foster (1776), Wiliam Marsden
(1843), John Crawfurd (1848), J.R Logan (1848), A.H Keane (1880), H.K Kern
moyang bangsa Austronesia haruslah daerah Indonesia dan Filipina (termasuk
daerah-daerah yang sekarang merupakan laut dan selat), yang dulunya merupakan
kesatuan geografis.
Pendapat lain yang tidak mengakui bahwa
orang Melayu ini berasal dari daratan Asia mengatakan bahwa pada Zaman Kuarter
atau Kala Wurn bermula dengan Zaman Ais Besar sekitar dua juta sehingga lima
ratus ribu tahun yang lalu. Zaman ini berakhir dengan mencairnya air secara
perlahan-lahan dan air laut menggenangi daratan rendah. Daratan tinggi menjadi
pulau. Ada pulau yang besar dan ada pulau yang kecil. Pemisahan
diantara suatu daratan dengan daratan yang lain berlaku juga karena berlakunya
letusan gunung berapi atau gempa bumi. Pada masa inilah Semenanjung Tanah
Melayu berpisah dengan yang lain sehingga yang besar dan ada pulau yang kecil.
Pemisahan di antara satu daratan dengan daratan yang lain berlaku juga karena
berlakunya letusan gunung berapi dan gempa bumi. Pada masa inilah Semenanjung
Tanah Melayu berpisah dengan yang lain sehingga kemudian dikenali sebagai Pulau
Sumatera, Pulau Jawa, Pulau kalimantan dan pulau lain di Indonesia.
11
Proto
homonoid yang dianggap sebagai pramanusia dianggarkan sudah sejak satu juta
tahun yang lalu dan ia berkembang secara evolusi. Namun manusia yang
sesungguhnya baru bermula sejak 44.000 tahun yang lalu dan manusia modren (
Homo sapies sapies) muncul 11.000 tahun yang lalu.
pada masa
pramanusia dan manusia yang sesungguhnya di Asia Tenggara, Asia Timur, dan
Australia telah ada manusia. Hal ini dibuktikan dengan ditemuinya Homo
wajakensis ( manusia=”Java Man”) yang diperkirakan berusia satu juta tahun.
Pada masa
ini wilayah tersebut didiami oleh tiga kelompok Homo sapies sapies, yaitu
Negrito di sekitar Irian dan Melanesia, orang Kaukasus di Indonesia Timur,
Sulawesi, dan Filipina, serta orang Mongoloid di sebelah utara dan barat laut
Asia.
Masing-masing
bangsa ini berpisah dengan berlakunya pemisahan daratan. Mereka berpendah
dengan cara yang perlahan. Orang Kaukasus ada yang berpindah ke sebelah barat
dan ada pula yang disebelah timur. Yang berpindah ke arah timur seperti ke
Maluku, Flores, dan Sumba bercampur dengan orang Negrito. Yang berpindah ke
arah barat mendiami Kalimantan, Aceh, Tapanuli, Nias, Riau, dan L:ampung. Yang
berpindah ke arah utara menjadi bangsa Khmer, Campa, Jarai, Palauang, dan Wa.
Hukum
Bunyi yang memperkenalkan oleh H.N. Van der tuuk dan diperluas oleh J.L.A.
Brandes yang menghasilkan Hukum R-G-H dan hukum R-D-L dikatakan oleh C.A Mees
bahwa “segala bahasa Austronesia itu, walaupun berbeda karena berbagi pengaruh
dan sebab yang telah disebut, memperhatikan titik kesamaan yang banyak sekali,
baik pada kata-kata yang sama, seperti mata, lima, taliga, dan sebagainya,
maupun pada sistem imbuhan, dan susunan tata bahasanya. Perbedaan yang besar
seperti dalam bahasa Indo-Eropa, misalnya : antara bahasa Perancis dan Jerman,
antara Sanskrit dan Inggris, tidak ada pada bahasa-bahasa Austronesia. Apalagi
Kada Dasar (terutama bahasa Melayu) tidak berubah dalam morfologi “juga
menunjukkan bahwa bangsa yang terdapat di Asia Selatan dan Tenggara berbeda
dengan bahassa yang terdapat di Asia Tengah.
III.
Sastra
Melayu Lama
1. Bentuk Sastra Melayu Awal
Sastra Melayu
Lama merupakan sastra daerah yang merekam segala aspek kehidupan bangsa Melayu,
baik jasmani maupun rohani dalam berbagai bentuk. Sastra tersebut berkembang
sesuai dengan perkembangan pendukungnya dari taraf yang paling sederhana
melalui bentuk lisan, terutama dikampung-kampung, sampai kepada tertuang
12
dalam tulisan yang dimulai dari istana Sari
pikiran dan perasaan orang Melayu mengenai segala peristiwa yang dialiri dan
dihayati bersama disekelilingnya dinyatakan dalam bentuk yang singkat, dalam
bahasa kiasan yang terdiri atas mantra-mantra, persamaan, perumpamaan, ibarat,
bidal, tamsil, sindiran, dan lambang.
Mantra-mantra
diucapkan untuk mengusir roh atau hantu jahat dan mendatangkan pengaruh baik.
Masyarakat waktu itu beranggapan bahwa hidupnya berhadapan dengan atau
dikelilingi oleh makhluk jahat yang harus dijaga jangan sampai mengganggu,
bahkan kalau bisa menjadi sahabatnya. Bahasa kiasan juga banyak dipakai sebagai
alat pendidikan, karena masyarakat berpendapat bahwa memberi pengajaran kepada
orang cukup dengan kiasan saja, tidak seperti mendidik binatang dengan di
pukul. Pendirian seperti ini terpancar dari ungkapan “manusia tahan kias,
binatang tahan palu”.
Dalam
setiap sektor kehidupan Melayu tersimpan berbagai jenis bahasa kias dengan
berbagai tujuan. Misalnya, dikalangan rumah tangga ada “sambil berdiang nasi
masak”, dikalangan orang muda ada “adat muda menanggung rindu”, di lingkungan
peladang ada “pagar makan tanaman”, dilingkungan pendidikan ada “manis jangan
lekas ditelan, pahit jangan lekas dimuntahkan”, untuk peristiwa sejarah ada
“peluru habis, Palembang tak kalah”, dan sebagainya. Sampai sekarang tidak
jarang orang meyakinkan suatu pandangan dengan suatu peribahasa yang sudah di
kaji kebenarannya melalui pemikiran dan penghayatan berabad-abad oleh bangsa
pemakai bahasa itu. Dunia luas peribahasa mengandung filsafah bangsa yang
diwariskan sepanjang masa sebagai pustaka kebijakan dan kecerdikan (Sulastin 1975).
Bentuk-bentuk ringkas bahasa kiasan itu mempunyai gerak lagu tertentu, meskipun
kadang-kadang kurang jelas. Oleh karena adanya irama inilah maka bahasa kiasan
merupakan bahasa ikatan yang tertua dalam permulaan tradisi sastra.
Dari
berbagai contoh di atas tampak bahwa bentuk sastra awal ini pertama-tama bukan
untuk bersuka-sukaan, melainkan untuk memperoleh kesaktian, baru kemudian untuk
tujuan-tujuan lain. Dalam bentuk terikat dan tetap itulah seakan-akan terpaut
kekuatan sakti (Emeis, 1945: 5-16). Bentuk sastra awal kemudian berkembang
menjadi cerita-cerita lisan dan tertulis sebagai pengungkapan aneka ragam pokok
pikiran seperti yang akan dipaparkan dalam bagian-bagian berikut. Sastra Melayu
lama yang patuh pada konvensi merupakan milik bersama yang dipelihara
bersama-sama dalam suatu khazanah yang kaya, tempat menyimpan berbagai nilai
budaya Melayu pada zaman silam.
2. Tema Utama: Sebuah Pengertian
Yang dimaksud
dengan tema utama adalah tema pokok, yaitu tema yang lebih ditampilkan dalam
suatu karya sastra. Dalam studi sastra ada beberapa istilah yang
13
sama, tetapi pengertian
atau pemakaiannya dalam sistem atau tradisi sastra di berbagai negeri tida
sama, sehingga disini perlu dijelaskan pengertian yang dipakai agar tidak
menimbulkan salah paham.
Dalam istilah
Anglo-Saxon, istilah “tema” mewakili pemikiran pusat dan pemikiran dasar atau
tujuan penulisan suatu hasil sastra. Tema ini dalam peristilahan Jerman disebut
motiv, sedangkan tema utama disebut leitmotiv (Sutrisno, 1983: 128). Tema utama
didukung oleh tema-tema sampingan yang menonjolkan tujuan dasar penulisan yang
terbayang dalam semua bagian cerita. Dalam bagian berikut akan dicoba untuk
mengamati tema utama dalam berbagai karya sastra Melayu menurut bentuk dan
jenisnya.
Seperti halnya sastra
lama Nusantara lainnya, sastra lama Melayu pun mengenal bentuk sastra lisan,
yang dituturkan dari mulut ke mulut, dari orang tua ke anak, dari anak kepada
cucu, dari cucu kepada cicit, dan seterusnya. Singkatnya, dari satu generasi ke
generasi selanjutnya. Di antara sastra lisan ini ada yang di dengarkan dan
dihayati bersama-sama pada peristiwa-peristiwa tertentu , dengan maksud untuk
mencapai suatu tujuan tertentu.
Bentuk sastra
lisan juga dipakai sebagai penghibur hati yang gundah oleh seorang pelipur
lara” atau tukang cerita profesional, yang pergi dari satu tempat ke tempat
lain untuk membawakan cerita. Cerita bisa dibawakan pada waktu senja atau pada
bulan purnama, sehabis mereka bekerja berat sehari penuh. Cerita tersebut
membawa mereka ke dunia khayal yang penuh keindahan, ke negeri-negeri yang jauh
dengan tokoh-tokoh putra-putra raja yang gagah berani dan putri-putri yang
cantik, serta kemenangan peperangan yang gilang-gemilang melawan
makhluk-makhluk yang jahat. cerita-cerita ini dalam sejarah perkembangannya
diperluas oleh seorang pencerita dengan bahan-bahan yang didengarnya di
pelabuhan dan di pasar-pasar (Hooykaas, 1951: 87) sehingga menjadi
cerita-cerita yang lebih menarik dan memenuhi cakrawala harapan pendengarnya.
Hal ini terbukti dari makin banyaknya pendengar dan makin asiknya mereka
mendengarkan.
Komentar